Rabu, 07 September 2011

APA ITU KANKER NASOFARING?

KANKER NASOFARING ADALAH SALAH SATU JENIS KANKER YANG DAPAT DISEMBUHKAN BILA DIOBATI PADA SAAT DINI

APA ITU KANKER NASOFARING?
  • Kanker Nasofaring adalah kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung, di belakang langit-langit rongga mulut.
  • Kanker Nasofaring merupakan salah satu kanker yang banyak ditemukan di Indonesia dan tertinggi di bidang Telinga HidungTenggorokan.
APA PENYEBAB KANKER NASOFARING?
Penyebab Kanker Nasofaring masih belum dapat diketahui dengan pasti dan merupakan multi faktor seperti virus Epstein Barr, Genetik, Diet, Lingkungan, Merokok. Virus ini juga terdapat pada penyakit lain yang bukan kanker.

Faktor-faktor risiko timbulnya Kanker Nasofaring adalah :
  • Bahan makanan yang menggunakan bahan pengawet, baik yang diawetkan dengan cara diasinkan atau diasap.
  • Makanan panas atau yang bersifat merangsang selaput lendir seperti : alkohol, asap rokok, asap minyak tanah, asap kayu bakar, asap obat nyamuk atau asap candu.
  • Udara yang penuh asap di rumah atau rumah dengan pergantian udara yang kurang baik.
SIAPA SAJA YANG DAPAT TERKENA KANKER NASOFARING?

Kanker Nasofaring banyak dijumpai pada ras Mongoloid, yaitu penduduk Cina bagian selatan, Hongkong, Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Ras kulit putih jarang terkena penyakit ini.

Kanker Nasofaring merupakan salah satu jenis kanker yang dapat diturunkan secara genetik

SIAPA SAJA YANG DAPAT TERKENA KANKER NASOFARING?

Kanker Nasofaring adalah kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung, di belakang langit-langit rongga mulut dan sangat mudah menyebar ke mata, telinga, kelenjar leher dan otak. Karena letaknya dekat dengan hidung, telinga dan lubang di dasar tengkorak tempat keluarnya saraf yang mengatur gerak bola mata, kelopak mata, lidah, fungsi menelan.

KAPAN MULAI TIMBULNYA KANKER NASOFARING?

Tidak jelas kapan mulai timbulnya kanker ini. Sebaiknya mereka yang mempunyai faktor risiko memeriksakan diri ke dokter (laki-laki terutama keturunan Cina, berumur diatas 40 tahun, mempunyai famili atau keluarga yang menderita kanker).

APA GEJALA KANKER NASOFARING?

Kanker Nasofaring pada stadium dini sering sekali sulit diketahui karena letaknya yang tersembunyi di belakang rongga hidung atau di belakang atas langit-langit rongga mulut.

Gejala dini
  • pada telinga berupa suara berdengung dan terasa penuh pada satu sisi tanpa disertai rasa sakit sampai dengan pendengaran berkurang
  • pada hidung berupa mimisan sedikit dan berulang, ingus bercampur darah, hidung tersumbat terus menerus dan pilek pada satu sisi
Gejala lanjut
  • leher: kelenjar getah bening leher membesar
  • mata :juling, penglihatan ganda, kelopak mata menutup pada sisi yang terkena
  • kepala: nyeri dan sakit kepala
BAGAIMANA MENCEGAH KANKER NASOFARING?
  1. Ciptakan lingkungan hidup dan kerja yang sehat. Usahakan pergantian udara yang baikdi dalam rumah
  2. Hindari polusi udara seperti zat-zat dari gas kimia, asap industri, asap kayu, asap rokok, asap minyak tanah yang dapat mengaktifkan virus Epstein Barr.
  3. Hindari makanan yang diawetkan, yang panas atau yang merangsang selaput lendir
BAGAIMANA MENDETEKSI DINI KANKER NASOFARING?

Setiap penderita dengan keluhan telinga dan hidung pada satu sisi (sisi kanan atau kiri saja) yang tidak kunjung sembuh harus memeriksakan diri ke dokter.

BAGAIMANA MENDETEKSI DINI KANKER NASOFARING?

Tergantung pada stadium. Penyinaran (radioterapi) merupakan pengobatan terpilih untuk kanker nasofaring. Pada stadium dini (stadium I) hanya diberikan terapi radiasLPada stadium lebih tinggi diberikan kombinasi radiasi dan kemoterapi.

FAKTOR PENYEBAB KNF


virus Eipstein-Barr

Sumber : Informasi ini disadur dari “Brosur Yayasan Kanker Indonesia”

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih informasinya mas sangat berguna unutk menambah wawasan , oya untuk referensi lain mungkin bisa juga kunjung website ini http://www.tanyadok.com/kesehatan/kanker-nasofaring-kenali-hindari-dan-obati

Posting Komentar

 

INFO KESEHATAN

BERITA

PELAYANAN

INSPIRASI

TOKOH

MOTIVASI